top of page

Moondrop Venus, Planar Headphone Pertama Moondrop




Moondrop merupakan perusahaan yang mengkhususkan diri dalam penelitian dan pengembangan berbagai perangkat audio. Perusahaan ini telah beroperasi di industri sejak tahun 2014, namun merek Moondrop secara resmi didirikan pada tahun 2015. Mengawali produk dari IEM, kini mereka merambah DAC dan Headphone dalam lini produknya.


Mengawali debut dengan Moondrop Void headphone, mereka kini naik kelas ke Moondrop Venus. Headphone ini memakai teknologi planar buat driver-nya, beda dari Void sebelumnya yang memakai teknologi dynamic. Saat ini, Venus dihargain sekitar 9 jutaan, bisa dibilang sebagai flagship headphone Moondrop.


Gampang banget mengenali Venus, build-nya solid logam tanpa bahan plastik yang kelihatan. Desainnya dibuat seperti itu untuk mengurangi ketegangan dan deformasi driver. Bentuk headband-nya terlihat keren dan industrial, mirip kayak Mac Studios lama. Part-nya terhubung dengan baut hexagonal yang bikin keliatan liar, tapi selebihnya desainnya cukup modern dan bersih. Semuanya dikerjakan teliti dan presisi.





Untuk menghasilkan suara yang optimal dan detail yang brilian, Venus menggunakan diaphragm sebesar 100mm dengan ketebalan cuma 2 mikron dan sirkuit dari pure-silver. Untuk menghasilkan suara yang indah dan seimbang, Venus juga punya high-frequency waveguides yang bisa mencegah suara yang terlalu nyaring saat memutar lagu. Dengan demikian, suaranya jadi smooth dan detail tanpa membuat capek.


Venus makin terdengar jernih dan terasa lebih lebar, saat dipasangkan desktop amplifier. Combo Venus dengan DAC FiiO K7, iFi Zen DAC + Zen Can, FiiO M11s dan Fiio Q7, dengan setup balance 4.4 dari paket penjualan menghadirkan sinergi yang cantik. Garis besarnya, Venus ini suaranya bersih dan netral dengan sedikit penekanan di upper mids yang bikin vokal kedengeran lebih merdu.


Sound signature-nya terasa M-shaped dengan treble yang lebih ngepas, jadi kalo dipasangin ke source yang lebih warm dan cukup energi di low-end frequency-nya bakalan lebih cocok. Dengan demikian, headphone ini menawarkan warna baru untuk kelas under 10 juta!

0 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page